SBMPTN 2016, Uji Coba Melalui Tes CBT di Unesa

cbtSeleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.  Kebetulan Unesa sebagai Panitia Lokal 50 Surabaya dan Madura SBMPTN 2016. Tes SBMPTN tahun 2016 ini dibagi menjadi dua tes. Kedua tes tersebut adalah   Tes CBT (Computer Basic Test) dan PBT (Basic Tes). Tes SBMPTN 2016 ini dilaksanakan pada Selasa (31/05/2016) di Universitas Negeri Surabaya.

SBMPTN 2016 ini ada Saintek, Soshum, dan Campuran. Tes CBT dilakukan secara online dan bertempat di beberapa perguruan tinggi negeri yakni Unesa , Unair dan ITS. Tes CBT SBMPTN 2016 yang berada di Unesa bertempat di Gedung G9 Fakultas Ekonomi Unesa Surabaya.

Salah satu peserta SBMPTN adalah Indah Wahyu Puspita Dewi dari Mojokerto. “Pada pelaksanaan tes CBT SBMPTN tidak ada kendala apapun dan komputer tidak mengalami eror  sama sekali. Saya berharap kedepan bisa lebih banyak lagi kuotanya dengan lebih nyaman melalui Tes CBT dibandingkan melalui Tes PBT itu.” Tutur Indah.

“Tes CBT SBMPTN ini digunakan untuk mempermudah peserta melalui online. Karena lebih efektif dan praktis dibandingkan kertas dan hasil nilainya lebih cepat, sehingga mempermudah peserta SBMPTN sekaligus pengawas SBMPTN.” papar Agus Prihanto,S.T,M.Kom selaku Koordinator Tes CBT SBMPTN di Unesa.

Agus memaparkan bahwa tes CBT ini baru pertama kali dilakukan di tahun 2016 dengan  total sebanyak 60 peserta CBT SBMPTN 2016. Peserta terbagi dengan rincian Saintek sejumlah 31 peserta sedangkan dari Soshum bertotal 29 Peserta “Harapan kedepan bisa melayani lebih banyak dan semua  bisa menggunakan tes CBT tersebut dengan mudah.”tutur Agus. (Syaiful H/kk/Humas)

About The Author

Related posts