Pembekalan Calon Wisudawan Gelombang III 2016

dsc_0116  dsc_0041

dsc_0094  dsc_0060


       Saat selesai yudisium seakan lunas sudah semua upaya yang dilakukan dan seakan terbayar semua jerih payah selama menempuh mata kuliah dengan segala konsekuensi sebagai seorang mahasiswa. Yudisium seakan menjadi awal celebrasi yang dilakukan untuk menyatakan pada dunia bahwa status mahasiswa akan mereka tanggalkan dan beralih ke status lain dengan practice yang jelas berbeda.

       Dunia baru akan segera menghadang dengan segala konsekuensi yang berbeda, yakni dunia kerja. Dalam upaya menyiapkan calon wisudawan menghadapi dunia kerja tentu bukan pekerjaan mudah, sekalipun pengalaman awal pernah mahasiswa dapatkan melalui program PPL ataupun PKL, yang tidak lama namun pasti akan sangat berkesan.

       Dunia kerja bukan dunia yang serta merta bisa mereka raih, hanya jika memang kita memenuhi syarat, yang diminta oleh penyedia pekerjaan barulah dunia ini akan menjadi milik mereka. Perbandingan jumlah lapangan pekerjaan dan jumlah pencari kerja yang tidak sebanding, tentu akan memunculkan tingkat persaingan yang tidak kecil. Kompetensi kognitif dan keterampilan sudah dipersiapkan selama perkuliahan, akan tetapi ternyata ada hal lain yang juga perlu dipersiapkan yakni bagaimana membuat lamaran kerja yang bisa mendeskripsikan diri mahasiswa bahwa mereka memiliki kompetensi yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh penyedia pekerjaan. Tahap melamar kerja diikuti oleh sesi wawancara yang sering menjadi momok bagi sebagian besar pencari kerja.

       Pembekalan ini, diupayakan untuk memberikan bekal yang cukup bagi calon wisudawan untuk bisa membuat lamaran kerja yang baik, sekaligus tips dan trik menghadapi sesi wawancara. Narasumber yang kompeten di bidang ini dihadirkan untuk memberikan bekal ini bagi mahasiswa. Selain juga narasumber dari instansi terkait yang akan memberikan gambaran peluang kerja dari dunia pendidikan maupun dari sektor industri dan sektor lainnya.

About The Author

Related posts