Penyegaran dan Rekrutmen Calon Reviewer Internal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM Unesa Tahun 2017

Prof. Lies Amin Lestari (Ketua LPPM) dan Prof. Yuwono dalam kegiatan Penyegaran dan Rekrutmen Reviewer Internal LPPM Tahun 2017

Prof. Lies Amin Lestari (Ketua LPPM) dan Prof. Yuwono dalam kegiatan Penyegaran dan Rekrutmen Reviewer Internal LPPM Tahun 2017

Kegiatan Penyegaran dan Rekrutmen Calon Reviewer Penelitian dan Pengabdian dihadiri oleh 89 dosen Unesa. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Maret 2017 pukul 09.00 – 15.00 WIB. Narasumber dari acara ini adalah Dr. Drajat Tri Kartono M. Si (UNS) dan Prof. Dr. Mochammad Yuwono (Unair). Acara dibuka oleh Ketua LPPM, Ibu Prof Lies Amin Lestari, MA., M. Pd.

Dr. Drajat Tri Kartono menyatakan bahwa ada 5 kompetensi reviewer, yaitu:

  1. Mengusai variasi dan ciri skema penelitian
  2. Memahami PMK (Peraturan Menteri Keuangan)
  3. TKT (Tingkat Kesiapan Teknologi)
  4. Menguasai RIP dan visi misi PT
  5. Memahami roadmap, fishbone dan tahapan penelitian

Dilema seorang reviewer ketika menilai proposal penelitian dan pengabdian adalah apakah ia harus mempertahankan kebiasaan yang berjalan atau mempertimbangkan kualitas. Bilamana pilihan jatuh pada kualitas proposal maka ini akan berdampak pada turunnya proposal yang diterima dan beresiko  “membunuh semangat” peneliti. Oleh karena itu, reviewer perlu mencari titik tengah antara kualitas dan partisipasi.

Reviewer adalah seorang penjamin mutu yang merupakan kaki tangan LPPM. LPPM perlu melakukan pemetaan saat melakukan perekrutan reviewer. Reviewer adalah seorang inovator yang memiliki pengalaman penelitian dan keahlian tertentu.

Prof. Dr. Yuwono, narasumber Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), memaparkan bahwa dalam proposal pengabdian perlu dilakukan analisis kondisi serta dipaparkan permasalahan mitra (masyarakat), solusi, target PKM, metode pelaksanaan dan evaluasi. Tingkat aplikabilitas IPTEK juga merupakan aspek penting dalam proposal PKM yang tujuan akhirnya adalah meningkat produktifitasnya masyarakat.

About The Author

Related posts



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *