PROGRAM HIBAH PENYELENGGARAAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING (SPADA) INDONESIA 2017

Sebagai program tahunan, Dirjen Belmawa Dikti kembali mengadakan pengembangan Penyelenggaraan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Indonesia da
lam bentuk tawaran hibah. Target yang ingin dicapai dalam program tersebut ialah peningkatan jumlah dan kualitas konten daring yang terbagi menjadi 3 kategori, yaitu matakuliah daring blended dan alih kredit, matakuliah  terbuka (internasional dan nasional) dan materi terbuka. Pada tahun 2017, program hibah ini memproyeksikan 130 matakuliah daring (100 matakuliah blended dan 30 matakuliah alih kredit), 20 matakuliah terbuka (5 bertaraf internasional dan 15 lainnya bertaraf nasional), dan 30 materi terbuka. Untuk itu, penganggaran dana mancapai Rp. 40.000.000,00 (empat puluh juta rupiah) untuk setiap mata kuliah. Tentu saja, besaran dana yang disetujui nantinya untuk tiap-tiap kategori akan diatur secara proporsional.

Untuk dapat mengikuti program hibah ini, maka syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh pelamar ialah berstatus sebagai dosen tetap (bukan dosen luar biasa) dan program studi tempat mengajar minimal memiliki nilai akreditasi B. Setiap pelamar hanya diperbolehkan mengajukan satu proposal. Pengajuan dilakukan paling lambat minggu pertama bulan Mei 2017. Proses penilaian dan pelaksanaan terhadap proposal yang diajukan mengikuti prosedur pada tabel berikut ini:

Jadwal hibah daring belmawa

Pengembangan dan pelaksanaan dari program ini
didasarkan atas beberapa dokumen antara lain:

  1. Panduan Penjaminan Mutu Pengembangan Objek Pembelajaran Daring;
  2. Panduan Penjaminan Mutu Proses Pembelajaran Daring;
  3. Panduan Penjaminan Mutu Asesmen Dan Evaluasi Pembelajaran Daring;
  4. Panduan Penjaminan Mutu Sistem Pembelajaran Daring;
  5. Kelengkapan Unsur Mata Kuliah Daring.

Untuk memahami program ini dengan baik, maka perlu merujuk pada buku panduan hibah pada link berikut:

http://belmawa.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2017/03/panduan-hibah-PDITT-2017-07032017-ttd.pdf

About The Author

Related posts



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *