Audiensi Deputi BKKBN RI ke Universitas Negeri Surabaya

Sebagai upaya peningkatan kerjasama BKKBN dg Unesa, Rabu, 18 September 2019, jam 09.00-11.00 di ruang sidang Rektorst lt 8, Deputi BKKNN Prof. Dr. Rizal Damanik beserta tim melakukan kunjungan ke Unesa dan diterima oleh Wakil Rektor Bid Akademik, Ketua LPPM, Dekan Selingkung Unesa, Direktur Pascasarjana dan Kepala Pusat selingkung LPPM Unesa. Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari koordinasi Pusat Studi Gender dan Anak dengan Balitbang BKKBN Jawa Timur.

Prof. Rizal Damanik menjelaskan bahwa BKKBN memiliki program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga). Fokus program pada saat proses kehamilan , Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, dan Bina Lansia.

Beragan permasalahan di masyarakat mengemuka yg membutuhkan intervensi Perguruan Tinggi, seperti: tingginya angka pernikahan dini, perceraian, kekurangan gizi kronis, Narkoba, kesejahteraan keluarga, dan lainnya.

Fakta di atas merupakan pekerjaan bersama yg bisa disinergikan dg PT.
Pada kesempatan audiensi ini disepakati beberapa hal, yaitu:
1. Joint research antara peneliti UNESA dg Balitbang BKKBN.
2. Joint research ditindaklanjuti dg joint publication.
3. Program KKN tematik dapat difokuskan pada pendampingan Desa KB yg berjumlah 1400 desa menyebar di 38 kab/kota di Jatim. Desa KB merupakan desa dengan skor dibawah 5,6 dr aspek kesehatan dan kesejahteraan.
4. Penelitian kompetitif BKKBN multiyears yg mengangkat issue crusial bid kependudukan dan keluarga utk didekati dari berbagai perspektif.
5. dll.
Point2 kerjasama akan ditindaklanjuti dengan pertemuan intensif untuk menyusun riset payung dan roadmap penelitian.

About The Author

Related posts



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *