Pusat HKI, dan Publikasi

PUSAT HKI DAN PUBLIKASI

Kepala Pusat HKI, dan Publikasi
(Prof. Dr. Tukiran, M.Si)

Sekretaris Pusat HKI, dan Publikasi
(Dr. Elly Matul Imah, M.Kom)

Profile 

Pusat HKI, dan Publikasi (HKIP) Universitas Negeri Surabaya merupakan salah satu pusat yang  dibentuk Universitas Negeri Surabaya dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), yang dipimpin oleh seorang kepala pusat dan dibantu seorang sekretaris pusat.  Pusat HKIP pertama kali didirikan tahun 2005 dengan nama Sentra Kelola HKI (SELOKI) yang saat itu berada dibawah naungan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM). Tahun 2012 diterbitkan Surat Keputusan Rektor Universitas Negeri Surabaya Nomor 310/UN38/HK/KL/2012, sentra HKI Universitas Negeri Surabaya berubah nama menjadi Pusat Haki, Paten, dan Publikasi (HKIPP) dibawah naungan Lembaga Penelitian (Lemlit). Tahun 2016 Pusat HKIPP berada dibawah naungan LPPM Universitas Negeri Surabaya berdasarkan SK Rektor Nomor 301/UN38/HK/KP/2016.  Saat ini nama Pusat HKIPP berubah menjadi Pusat HKIP berdasarkan SK Rektor Nomor 369/UN38/HK/KP/2019. Pembentukan Pusat HKIP Universitas Negeri Surabaya bertujuan untuk mengelola Kekayaan Intelektual (KI) dan Publikasi Ilmiah sivitas akademik Universitas Negeri Surabaya.

Visi Pusat HKIP LPPM Unesa adalah “Meningkatkan kualitas dan kuantitas penyebarluasan kekayaan intelektual secara produktif melalui perlindungan kekayaan intelektual, penerbitan jurnal ilmiah, penyelenggaraan forum ilmiah, dan publikasi artikel ilmiah”.

 

Pusat HKIP membawahi beberapa tim, yaitu pengelola HKI, Pengelola Jurnal Ilmiah, Evaluator Insentif Artikel Publikasi Ilmiah, Pengelola manuskrip, dan Pengelola Konferensi. Pengelola HKI di bawah koordinasi Ketua Pusat  dan Sekretaris Pusat HKIP bertugas mengelola KI, melakukan sosialisasi, dan memberikan pelayanan pengajuan pencatatan atau pendaftaran HKI yang dihasilkan sivitas akademik kepada Dirjen KI untuk mendapatkan sertifikat HKI. Pengelola Jurnal Ilmiah merupakan salah satu bagian di bawah Pusat HKIP yang memonitoring, mengevaluasi, meyosialisasikan, dan memberikan layanan pendampingan pengelolaan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Unesa sehingga jurnal-jurnal yang diterbitkan Unesa bisa bereputasi di tingkat Nasional atau pun Global. Dalam proses evaluasi pemberian insentif publikasi ilmiah dosen Unesa, HKIP membentuk tim evaluator yang secara berkala akan memverifikasi usulan insentif yang diajukan oleh dosen Unesa. Untuk menjaga kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Unesa, dibentuk tim manuskrip Unesa yang bertugas mendampingi penulisan artikel yang akan diterbitkan di jurnal atau konferensi internasional. Dalam upaya meningkatkan kultur ilmiah dan akademis, Unesa secara rutin juga mengadakan konferensi internasional dengan nara sumber, komite, dan peserta yang berasal dari berbagai Negara dibentuklah tim konferensi. Tim konferensi di bawah koordinasi Pusat HKIP bertugas memfasilitasi panitia konferensi untuk melakukan proses agreement dengan Publisher Internasional sehingga proseding yang dihasilkan bisa terindeks di database pengindeks bereputasi internasional, memonitoring, dan mengevaluasi penyelenggaraan konferensi di Unesa.