Kegiatan PSGA

KEGIATAN PSGA 1

WEBINAR BINCANG LITERASI MEDIA & LAUNCHING BUKU

Dalam mengolah informasi, masyarakat juga perlu membangun sikap kritis agar tidak mengalami banjir informasi, dan utamanya, agar tidak mudah percaya pada pesan yang provokatif, berita berisi propaganda, disinformasi, dan fake news. Terakhir, ketika perkembangan teknologi, memungkinkan masyarakat untuk menciptakan kontennya sendiri secara mudah dan instan, maka perlu pemahaman nilai-nilai akan kualitas konten, dan regulasi yang berlaku. Untuk itulah, perlu upaya untuk secara aktif mengkampanyekan “literasi media” kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama mahasiswa, sebagai kelompok yang memiliki tingkat interaksi tinggi dengan media massa, dan juga karena dalam masa yang tak lama lagi, para mahasiswa lah yang akan menjadi praktisi dan mengendalikan media dan informasi di masyarakat.

PSGA LPPM Unesa menanggapi kondisi tersebut dengan mengadakan kegiatan “Bincang Literasi Media & Launching Buku” berupa seminar, menghadirkan dua narasumber dan moderator yaitu:

  1. Nuning Rodiyah (Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Pusat)
  2. Putri Aisyiyah RD (Dosen Unesa & Penulis buku “Literasi Media; Sketsa Khalayak di Hadapan Media)
  3. Moderator : Erlix Purnama (Tim Pusat Studi Gender & Anak Unesa)

Waktu dan tempat kegiatan berlangung secara daring (virtual) melalui akun zoom, pada Selasa, 30 Maret 2021 pada pukul 09.00 – 11.00 WIB. Adapun target peserta adalah kelompok mahasiswa, baik Unesa maupun kampus lain. Jumlah peserta yang diharapkan mengikuti kegiatan “Bincang Literasi Media & Launching Buku” adalah 100 orang.

Pada hari pelaksanaan kegiatan webinar, perserta yang hadir berjumlah 145 orang. Mereka berasal dari kalangan mahasiswa Unesa dan beberapa tamu seperti PD3 FKM Unair, Bapak Hario Megatsari, yang juga teman akrab narasumber pertama.

Adapun berbagai gambar yang bisa diambil dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:

Pada penyampaian materi oleh narasumber kedua yang juga dosen Unesa, Putri Aisyiyah, R.D. tema yang diangkat tidak kalah menarik juga. Tema ini menjadi fakta keseharian yang dihadapi mahasiswa. Harapannya, supaya mahasiswa menjadi konsumen yang berdaya menghadapi terpaai media yang tidak mengenal lelah, adalah tujuan utamanya. 

Kegiatan webinar ini dapat dilihat melalui link:  https://www.youtube.com/watch?v=PBr3DI1Wl3U.

KEGIATAN PSGA 2

WEBINARSPIRIT KARTINI DAN JEJAK PEREMPUAN JAMAN MILENIAL

Perempuan dalam multi peran tak jarang dapat mengambil posisi strategis. Pada llain sisi, banyak perempuan yang tidak menyadari kemampuan kepemimpinan yang dimiliki oleh mereka. Dalam acara ini akan digali lebih dalam bagaimana perempuan dapat bekerja dalam segala sector dan menjadi pemimpin yang merupakan posisi strategis yang selama ini hanya diduduki oleh laki-laki.

Atas dasar alasan tersebut maka PSGA LPPM Unesa mengadakan  kegiatan webinar yang melihat pengalaman dari para perempuan yang berpengalaman dibidang kepemimpinan dan bagaimana pengalaman mereka berada di dunia pekerjaan yang kebanyakan diisi oleh para laki-laki. Kegiatan webinar ini mengundang dua narasumber, yaitu:

  1. Endang Sri Melanie selaku koordinator bidang pemantauan dan penyelidikan Komnas HAM RI.
  2. Dr. Rr. Nanik S, M.Si sebagai Dosen PMP-KN, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya.

Kegiatan webinar kedua yang diselenggarakan oleh PSGA pada tahun 2021 ini, dihadiri oleh kurang lebih 250 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa Unesa. Berbagai tanggapan mahasisiwa pada saat mendengarkan pemaparan materi dari dua narasumber ini mampu memotivasi kaum perempuan millenial untuk maju dan siap masuk dalam ruang publik dan berkompetisi dengan ilmu yang sudah didapatkan selama di bangku kuliah.

Mahasiswa mendapatkan wawasan untuk menjadi sosok pribadi maupun individu yang mampu bersaing di era millenial ini. Pertanyaan yang banyak ditujukan kepada Ibu Endang, karena materi Bu Endang menampilkan banyak foto-foto selama beliau berkeja yang banyak memberikan tantangan bagi kaum perempuan. sebuah tugas dan tanggung jawab negara dimana, nyawa adalah taruhannya. Kegiatan webinar ini dapat juga ditonton secara life pada link youtube: https://youtu.be/iDFSA_xlGBQ

Berbagai foto kegiatan selama kegiatan berlangsung dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Start chat
1
Selamat datang, ada yang bisa kami bantu?