Laporan Kinerja (LAKIN) Pusat Riset dan Penguatan Inovasi (RPI)
  1. Latar Belakang

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) merupakan Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) yang mempunyai visi “Unggul dalam Kependidikan, Kukuh dalam Keilmuan” (Excellent in Education Strong in science”). Visi ini menegaskan tekad kuat seluruh warga Unesa untuk menjadikan Unesa sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memiliki kelebihan dalam mutu akademik (academic quality), wibawa dan martabat akademik (academic morality) secara komparatif pada tataran nasional dan internasional di bidang kependidikan, sehingga mampu menjadi rujukan dalam pengembangan kependidikan. Adapun misi Unesa adalah: 1) Menghasilkan lulusan yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, profesional dan memiliki keunggulan; 2) Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif baik di bidang pendidikan maupun keilmuan yang unggul serta menjadi rujukan dalam penerapan ilmu pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, ilmu sosial budaya, seni, dan/atau olahraga; 3) Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, ilmu sosial budaya, seni, dan/atau olahraga untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera; 4) Mewujudkan Unesa sebagai pusat kependidikan terutama pendidikan dasar dan menengah serta pusat keilmuan yang didasarkan pada nilai-nilai luhur kebudayaan nasional; dan 5) Menghasilkan kinerja institusi yang efektif dan efisien dengan mewujudkan iklim akademik yang humanis, manajamen kelembagaan yang transparan, akuntabel, responsif, dan berkeadilan untuk menjamin kualitas pelaksanaan tridarma perguruan tinggi secara berkelanjutan.

Sebagai salah satu lembaga di Unesa, LPPM Unesa mempunyai peran penting dalam mewujudkan visi Unesa. Karena itu disusunlah visi LPPM Unesa: “Membangun budaya meneliti dan mengabdi secara produktif dan berkualitas”. Sedangkan misi LPPM Unesa: 1) Meningkatkan akses dan mutu civitas akademika dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berikut luarannya (HKI); 2) Meningkatkan kepuasan kerja dan produktivitas layanan yang berdampak pada kepuasan pelanggan; dan 3) Mengembangkan jejaring kerja sama dalam peningkatan kualitas layanan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Seiring dengan visi dan misi LPPM Unesa tersebut, maka Pusat RPI LPPM Unesa berusaha merencanakan, mengelola dan mengevaluasi seluruh kinerja LPPM khususnya dalam bidang penelitian.

Untuk memberi arah perjalanan ke depan, Pusat RPI LPPM Unesa telah menyusun Renstra 2016–2020. Renstra Pusat RPI LPPM ini disusun berdasarkan keterkaitan dan kelanjutan dari Renstra LPPM Unesa 2011-2015. Dengan demikian, Renstra Pusat RPI LPPM Unesa 2016–2020 ini dimaksudkan untuk menjadi acuan pengembangan dan implementasi rencana induk kegiatan pusat RPI itu sendiri, rencana operasional tahunan bagi pusat-pusat lain di LPPM Unesa, unit pelayanan administrasi, dan kontrol Gugus Penjamin Mutu (GPM). Revisi Renstra 2016-2020 dipacu oleh terbitnya statuta Unesa pada tahun 2017 dan pedoman pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat edisi XII dari DRPM Kemenristekdikti tahun 2018.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka diperlukan evaluasi capaian kinerja Pusat RPI pada tahun 2020. Hal ini dilakukan untuk melihat ketercapaian program kerja yang telah direncanakan dan mengukur ketercapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) atau Key Performance Indicator (KPI) Unesa yang telah disepakati antara Unesa dengan Kemenristekdikti.

  • Maksud dan Tujuan

Maksud kegiatan ini adalah untuk menyusun laporan kinerja (LAKIN) Pusat Riset dan Penguatan Inovasi (RPI) LPPM Unesa tahun 2020.

Tujuan penyusunan laporan kinerja (LAKIN) Pusat Riset dan Penguatan Inovasi (RPI) LPPM Unesa tahun 2020 adalah untuk:

  1. Mengukur ketercapaian program kerja Pusat RPI tahun 2020 dengan realisasi program kerja.
  2. Mendeskripsikan trend perkembangan penelitian dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa baik yang bersumber dari pendanaan DRPM maupun pendanaan PNBP Unesa tahun 2020.
  3. Mendeskripsikan jumlah produk prototipe industri, dan jumlah produk inovasi yang dihasilkan Unesa pada tahun 2020.
  4. Mengukur keterserapan anggaran di masing-masing program kerja Pusat RPI tahun 2020.
  5. Mendeskripsikan ketercapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) atau Key Performance Indicator (KPI) dengan target dari Kemenristekdikti.
  • Tugas Pokok dan Fungsi serta Struktur Organisasi
  • Tugas Pokok

Tugas pokok Pusat RPI LPPM Unesa adalah menyusun naskah akademik dan regulasi, merencanakan operasional, mendistribusikan tugas, memberikan petunjuk, menyelia, mengevaluasi, dan melaporkan kegiatan-kegiatan/program terkait Riset dan Penguatan Inovasi (RPI) Unesa berdasarkan peraturan DRPM dan kebijakan Unesa untuk mendukung pencapaian target Renstra dan RIP LPPM Unesa; membangun kerjasama riset dengan instansi/PT dalam dan luar negeri; meningkatkan income generating activities; dan membina pusat-pusat kajian selingkung Unesa agar berkembang dan berperan nyata dalam menghasilkan artikel di jurnal bereputasi, HKI, Paten, dan produk inovasi.

Rincian Tugas:

  1. Menyusun/meng-update naskah akademik dan regulasi terkait riset dan penguatan inovasi.
  2. Merencanakan operasional tahunan kegiatan-kegiatan terkait Program Riset dan Penguatan Inovasi(RPI) berdasarkan peraturan DRPM dan Unesa untuk mendukung pencapaian target Renstra dan RIP LPPM Unesa.
  3. Membantu Pimpinan LPPM menyusun Rencana Induk Penelitian (RIP) LPPM berdasarkan Road Map Penelitian dan Payung Penelitian di selingkung Unesa untuk menentukan arah penelitian dosen-dosen.
  4. Memimpin pengisian laporan kinerja dosen bidang penelitian dan inovasi (secara online maupun offline).
  5. Membantu menetapkan rumusan informasi hasil riset dosen-dosen Unesa berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk diketahui oleh masyarakat sebagai produk inovasi.
  6. Memimpin kegiatan Riset dan  Penguatan Inovasi (RPI) sesuai dengan arahan Pimpinan LPPM Unesa.
  7. Menyusun dan memutakhirkan Standar Penelitian Unesa.
  8. Menyusun dan memutakhirkan buku panduan penelitian/riset dan penguatan inovasi (RPI) offline.
  9. Bersama dengan Gugus Penjaminan Mutu, menyusun SOP terkait dengan kegiatan riset dan penguatan inovasi.
  10. Membantu menetapkan rumusan naskah kerjasama Program Riset dan Penguatan Inovasi (RPI) dengan instansi terkait di luar universitas sebagai bagian pedoman kerja LPPM.
  11. Menjaring, menetapkan, dan plotting reviewer (internal dan eksternal) untuk kegiatan Riset dan Penguatan Inovasi (RPI).
  12. Melakukan komunikasi, koordinasi, konsultasi, dan kolaborasi ke dalam dan ke luar terkait dengan proses perencanaan, pelaksanaan, dan mencari solusi permasalahan Program Riset dan Penguatan Inovasi (RPI).
  13. Mengembangkan Pusat Riset dan Penguatan Inovasi (RPI) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  14. Membuat laporan kegiatan terkait dengan  Program Riset dan Penguatan Inovasi (RPI).
  15. Membuat laporan analisis bidang Program Riset dan Penguatan Inovasi (RPI) untuk bahan penyusunan rencana ke depan.
  16. Membuat dan memutakhirkan data statistik terkait dengan  Program Riset dan Penguatan Inovasi (RPI).
  17. Mendistribusikan tugas kepada Sekretaris Pusat RPI terkait kegiatan program RPI berdasarkan Petunjuk/Arahan/Masukan dan Saran Pimpinan LPPM untuk mempercepat pelaksanaan tugas.
  18. Memberi petunjuk kepada Sekretaris Pusat RPI dalam melaksanakan tugas berdasarkan Petunjuk/Arahan/Masukan dan Saran dari Pimpinan LPPM untuk kemudahan dan kelancaran pelaksanaan tugasnya.
  19. Menyelia pelaksanaan tugas Sekretaris Pusat RPI berdasarkan surat tugas Pimpinan LPPM untuk kelancaran dan pertanggungjawaban tugasnya.
  20. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan (sesuai dengan disposisi Pimpinan LPPM) baik terkait dengan kegiatan program RPI maupun program terkait lainnya.
  • Fungsi

Fungsi Pusat RPI LPPM Unesa adalah merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi seluruh  kegiatan penelitian yang ada di Unesa untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian serta penguatan inovasi hasil riset civitas akademika Unesa.

  • Struktur Organisasi

Struktur Organisasi LPPM Unesa seperti disajikan pada gambar 1.1 berikut ini.

Gambar 1.1 Struktur Organisasi LPPM Unesa

Dari gambar 1.1 ditunjukkan bahwa struktur organisasi LPPM terdiri dari: Ketua LPPM, Sekretaris LPPM, Kabag Tata Usaha, Kasubag Umum dan Keuangan, Kasubag Data dan Informasi, 12 Kepala Pusat dan Sekretaris Pusat, Ketua Gugus Penjaminan Mutu (GPM) dan Sekretaris GPM. Diantara 12 pusat tersebut terdapat Pusat Riset dan Penguatan Inovasi (RPI) yang membidangi urusan penelitian dan penguatan inovasi hasil riset di Unesa.

  • Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia (SDM) di Pusat RPI terdiri dari 7 orang, yaitu Kepala Pusat RPI (Prof. Dr. Sari Edi Cahyaningrum, M.Si), Sekretaris Pusat RPI (Dr. Warju, S.Pd., S.T., M.T), Kabag TU (Dra. Ec. Nurmika Simanullang, M.Pd.), Kasubag Data dan Informasi (Jody Suryanto, S.E., M.SM), dan staf RPI (Supriadi, S.E dan Rafiq Asnawi, S.Kom).

  • Permasalahan yang Sedang Dihadapi

Permasalahan yang sedang dihadapi oleh Pusat RPI pada tahun 2020 diantaranya adalah:

  1. Jumlah penelitian yang didanai oleh DRPM terus menurun dari 70 judul pada tahun 2019 menjadi 27 judul pada tahun 2020. Hal ini disebabkan ada beberapa judul penelitian yang tidak dilanjutkan oleh DRPM karena tidak mencapai luaran/output yang dijanjikan, persyaratan h-index yang semakin tinggi, dan rekam jejak (track record) penelitian yang tidak sesuai serta kebijakan refocusing anggaran ke percepatan penanganan Covid-19. Oleh karena itu, telah dilakukan workshop penyusunan penelitian kompetitif nasional untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal.
  2. Database penelitian selama ini hanya menggunakan file excel sehingga data yang disajikan kurang informatif, offline, kurang terbuka secara publik, dan tidak up to date secara real time. Oleh karena itu, Sistem Informasi Penelitian dan PKM (SIRIP) yang telah dikembangkan pada tahun 2019 harus terus disempurnakan baik dari sisi fitur maupun sajian datanya. Ke depan perlu dikembangkan versi mobile application-nya menggunakan basis android.
  3. Belum ada kriteria baku tentang pemilihan peneliti berprestasi sehingga pada tahun 2021 harus segera diadakan workshop/FGD untuk pembuatan kisi-kisi pemilihan peneliti berprestasi di Unesa.
  4. Hasil catatan review di SIM LPPM, baik desk evaluation proposal penelitian, seminar proposal penelitian, monev pelaksanaan penelitian, dan seminar hasil penelitian belum nge-link dengan account peneliti sehingga ke depan SIM LPPM harus ditambahkan menu/fitur tersebut.

BAB II

PERENCANAAN KINERJA

  1. Rencana Stategis Pusat RPI
  2. Visi

Visi LPPM Unesa mengacu pada visi Unesa. Visi LPPM Unesa adalah “Membangun budaya meneliti dan mengabdi secara produktif dan berkualitas”. Visi tersebut merupakan pedoman dan arah bagi seluruh sivitas akademika Unesa dalam melaksanakan penelitian. Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi), LPPM Unesa memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam mengimplementasikan misi kedua dan ketiga Unesa. Dalam pelaksanaannya, visi LPPM Unesa diemban oleh 13 (tiga belas) pusat layanan, yaitu: Pusat Riset dan Penguatan Inovasi, Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat dan Pemasaran Ipteks, Pusat Inkubator Bisnis, Pusat HKI dan Sertifikasi Produk Inovasi, Pusat Publikasi Ilmiah, Pusat Kuliah Kerja Nyata dan Pemberdayaan Masyarakat, Pusat Studi Literasi, Pusat Studi Ilmu Keolahragaan, Pusat Studi Seni dan Budaya, Pusat Studi Layanan Disabilitas, Pusat Halal, Pusat Pembinaan Ideologi, Pusat Studi Gender dan Anak. Selain 13 (tiga belas) pusat tersebut, dalam menjalankan tupoksinya LPPM Unesa dikontrol kinerjanya oleh Gugus Penjaminan Mutu (GPM). Dalam hal ini, Pusat RPI LPPM Unesa berkomitmen untuk mengemban visi dan misi LPPM Unesa.

  • Misi

Untuk mewujudkan visi LPPM di atas, maka dirumuskan misi LPPM Unesa sebagai berikut:

  1. Meningkatkan akses dan mutu civitas akademika dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berikut luarannya (publikasi dan HKI).
  2. Meningkatkan kepuasan kerja dan produktivitas layanan yang berdampak pada kepuasan pelanggan.
  3. Meningkatkan jejaring kerja sama dalam peningkatan kualitas layanan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Terkait misi LPPM Unesa ini, Pusat RPI berupaya mewujudkan misi LPPM Unesa tersebut khususnya di bidang penelitian.

  • Tujuan

Untuk mewujudkan misi di atas, LPPM Unesa memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Melengkapi fasilitas penelitian dan PKM yang memungkinkan terselenggaranya penelitian dasar, terapan, dan pengembangan di bidang pendidikan secara layak, efektif, dan efisien.
    1. Melengkapi fasilitas penelitian dan PKM yang memungkinkan terselenggaranya penelitian dasar, terapan, dan pengembangan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan olah raga secara layak, efektif, dan efisien.
  2. Meningkatkan kompetensi peneliti dan pelaksana PKM Unesa agar dapat memberikan layanan konsultasi dan pengembangan sumberdaya penelitian dan PKM.
  3. Meningkatkan kualitas penelitian dan PKM agar hasilnya dapat dipublikasikan, diproses HKI dan patennya, dan/atau layak jual sebagai produk wirausaha.
  4. Meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan LPPM Unesa agar dapat mengelola informasi yang akurat dan dapat diakses secara cepat, tepat, dan akurat oleh sivitas akademika dan masyarakat luas.
  5. Meningkatkan daya saing mahasiswa dan alumni di dunia kerja dengan cara membekali mereka dengan hard skills dan soft skills yang memadai.

Dalam hal ini, Pusat RPI LPPM Unesa berupaya menjalankan seluruh tujuan LPPM Unesa dengan menyusunnya dalam bentuk Pedoman dan Standar Operasional Prosedur (SOP).

  • Sasaran Program

Berdasarkan visi dan misi Unesa di atas, maka rencana strategis Pusat RPI LPPM Unesa adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian serta penguatan inovasi hasil riset di Unesa dari TKT 1-9. Mengacu pada Pedoman Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakaat Edisi XIII Tahun 2020, DRPM Kemenristekdikti, maka bidang fokus riset yang disasar mencakup 10 bidang fokus riset baik bidang pendidikan maupun non pendidikan, yaitu: 1) Pangan-Pertanian, 2) Energi-Energi Baru dan Terbarukan, 3) Kesehatan-Obat, 4) Transportasi, 5) Teknologi Informasi dan Komunikasi, 6) Pertahanan dan Keamanan, 7) Material Maju, 8) Kemaritiman, 9) Kebencanaan, dan 10) Sosial, Humaniora, Seni Budaya, dan Pendidikan. Selain itu, ada 6 bidang riset unggulan di Unesa, yaitu ilmu keolahragaan dan kesehatan, seni dan budaya, disabilitas, sain dan teknologi, sosial dan humaniora, dan pendidikan.

Untuk mewujudkan visi dan misi LPPM Unesa serta dengan mempertimbangkan hasil analisis SWOT, maka dirumuskan sasaran program penelitian di LPPM Unesa pada tahun 2020 sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian untuk penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang menjadi prioritas nasional yang menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.
    1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas riset unggulan di Unesa, yaitu ilmu keolahragaan dan kesehatan, seni dan budaya, disabilitas, sain dan teknologi (saintek), pendidikan, serta sosial dan humaniora (soshum).
    1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas dukungan fasilitas (sarana dan prasarana) penelitian.
    1. Meningkatkan kualitas sistem informasi manajemen LPPM Unesa (SIM LPPM dan SIRIP).
    1. Meningkatkan kerja sama penelitian dengan lembaga/institusi dan instansi lain.
    1. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian.
    1. Meningkatkan keterlibatan tenaga kependidikan dalam kegiatan penelitian.
    1. Meningkatkan layanan administrasi penelitian melalui sistem layanan administrasi berbasis TIK (SIM LPPM dan SIRIP).
  • Arah Kebijakan LPPM Unesa

Arah kebijakan LPPM Unesa terkait kinerja penelitian disusun berdasarkan pada Arah Kebijakan Renstra Kemenristekdikti 2015-2019 dan Arah Kebijakan Renstra Unesa 2016-2020, yang dapat ditunjukkan pada tabel 2.1 berikut ini.

Tabel 2.1 Arah Kebijakan Kemneristekdikti, Unesa, dan LPPM Unesa Selama 5 (Lima) Tahun

NoArah Kebijakan Kemenristekdikti 2015-2019NoArah Kebijakan Unesa 2016-2020NoArah Kebijakan LPPM Unesa 2016-2020
1Meningkatkan tenaga terdidik dan terampil berpendidikan tinggi1Meningkatkan relevansi, kualitas, dan kuantitas SDM Unesa1Meningkatkan relevansi, kualitas, dan kuantitas SDM Unesa
2Meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan lembaga litbang2Meningkatkan kualitas pembelajaran dan mahasiswa Unesa2Meningkatkan kualitas pembelajaran dan mahasiswa Unesa
3Terwujudkan tata kelola yang baik serta kualitas layanan prima3Terwujudkan tata kelola yang baik serta kualitas layanan prima
3Meningkatkan sumber daya litbang dan pendidikan tinggi yang berkualitas4Meningkatkan kualitas kelembagaan dan pengembangan sarpras Unesa4Meningkatkan kualitas kelembagaan dan pengembangan sarpras Unesa
4Meningkatkan produktivitas penelitian dan pengembangan5Meningkatkan relevansi dan produktivitas riset dan pengembangan5Meningkatkan relevansi dan produktivitas riset dan pengembangan
5Meningkatkan inovasi bangsa (Lampiran Permenristekdikti No 13 Tahun 2015 (Sasaran dan Program dan Indikator Kinerja Program)6Menguatnya kapasitas inovasi6Menguatnya kapasitas inovasi
  • Strategi Kebijakan LPPM Unesa

Untuk mengimplementasikan Arah Kebijakan Unesa 2016-2020 sebagaimana disebutkan di atas, dilakukan langkah strategi kebijakan LPPM Unesa 2016-2020 sebagai berikut:

  1. Peningkatan produktivitas riset dasar, riset terapan dan riset pengembangan baik pada level kompetitif nasional maupun level desentralisasi.
    1. Peningkatan produktivitas riset yang mampu menghasilkan luaran prototype R & D dan prototype industri.
    1. Peningkatan kapasitas riset yang mampu menghasilkan produk inovasi.
    1. Peningkatan produktivitas riset yang mampu menghasilkan artikel pada publikasi internasional dan/atau nasional, serta HKI lainnya (dengan status terdaftar, dan seterusnya).
  • Rencana Kinerja Tahunan Tahun 2020

Rencana kinerja tahunan yang akan dilaksanakan oleh Pusat Riset dan Penguatan Inovasi (RPI) LPPM Unesa disajikan dalam tabel 2.2 tentang Program Kerja Pusat RPI Tahun 2020 berikut ini.

Tabel 2.2 Program Kerja Pusat RPI Tahun 2020

NOPROGRAM WAKTU PELAKSANAAN
1Penyegaran reviewer dan rekrutmen reviewer internal UnesaBulan Desember 2019
2Penyusunan Panduan PNBP 2020Januari- Februari 2020
3Sosialiasasi Panduan PNBP 2020 dan SIMLPPM  ke dosen selingkung  Unesa18 Februari- 1 Maret 2020
4Workshop peyusunan proposal untuk tendik25-Feb-20
5Pengumuman jumlah penerima dana penelitian DRPM28 Februari 2020
5Workshop penyusunan proposal mahasiswa15 Maret
6Penerimaan Proposal batch 1, 2 ,  dan kompetitif Penelitian PNBP 2020 25 Maret- 10  Juni 2020
7Workshop penyusunan proposal mahasiswaApril – Mei 2020
8Penerimaan Proposal Kebijakan Fakultas dan  Penugasan Pasca Sarjana   melalui SIM LPPM4- 29 Mei 2020
9Pengisian kinerja penelitian15 Juni- 30 Juni 2020
10Penawaran DRPM ke dosen2  penerima penelitian dana DRPM untuk mengalihkan penelitian ke refocusing10 -20 Juni 2020
 Penerimaan proposal penelitian PNBP batch 3 (penugasan pimpinan)20 Juli 2020
9Desk Evaluation Proposal kompetitif fakultas dan penugasan pasca melalui SIM LPPM11-16 Juni 2020
10Presentasi Proposal Penelitian Secara Daring (Online)17-23 Juni 2020
11Desk evaluasi penelitian PNBP 15 Juni -5 Juli 2020
12Pemaparan proposal penelitian  kompetiitf PNBP Unesa 202017-18 Juli 2020
13Penetapan  penelitian  kompetitif yang lolos pendanaan PNBP Unesa 202025 Juli 2020
14Tanda tangan kontrak penelitian kompetitif dana PNBP dan DRPM27 Juli- 5 Agustus 2020
 Monitoring dan evaluasi penelitian kebijakan fakultas dan penugasan Pasca25-30 Agustus 2020
15Monitoring dan evaluasi Penelitian PNBP Covid batch 1 15 Agustus  2020
17Workshop penyususnan proposal penelitian dana DRPM tahun usulan 2020 anggaran 2021 19 September 2020
19Monitoring dan evaluasi penelitian penugasan batch 2 dan 320-30 September 2020
20Monitoring dan evaluasi penelitian DRPM Mengikuti jadwal DRPM
21Monitoring dan evaluasi penelitian kompetitif PNBP 202025-30  September 2020
22Pengumpulan Laporan penelitian kebijakan fakultas dan penugasan pascasarjana14-18 September 2020
 seminar hasil penelitian PNBP  batch 1 dan 210-15 Oktober 2020
23Seminar hasil penelitian kebijakan fakultas dan penugasan pasca20-30 Oktober 2020
24Pengumpulan draf laporan akhir penelitian PNBP kompetitif16-21 November 2020
25Seminar hasil skim penelitian kompetitif  PNBP23-27  November 2020
26Pengumpulan laporan akhir, luaran dan SPJ10-15 Desember 2020
27Penunggahan laporan akhir penelitian dana DRPM25-30 November 2020
28Seminar akhir penelitian DRPM10-15 Desember 2020
29Pengumpulan laporan akhir, luaran penelitian dan SPJ20-25 Desember 2020

Adapun target kinerja tahunan Pusat RPI LPPM Unesa pada tahun 2020 sesuai dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) atau Key Performance Indicator (KPI) adalah jumlah produk prototipe industri sebanyak 26 buah, dan jumlah produk inovasi sebanyak 3 buah.

BAB III

AKUNTABILITAS KINERJA 2020

  1. Analisis Capaian Kinerja Pusat RPI Tahun 2020

Capaian kinerja Pusat RPI tahun 2020 secara lengkap dapat dilihat pada tabel 3.1 berikut ini.

Tabel 3.1 Program Kerja Pusat RPI dan Ketercapaian Program Tahun 2020

NoProgram/Kegiatan yang DilaksanakanWaktuDeskripsi Capaian KinerjaCapaian KinerjaKendalaStrategi/Solusi
1Penyegaran reviewer dan rekrutmen reviewer internal UnesaBulan Desember 2019Berhasil merekrut reviewer internal sebanyak 110 reviewer dari semua fakultas di Unesa100%  
2Penyusunan Panduan PNBP 2020Januari- Februari 2020Panduan Penelitian PNBP 2020 sudah tersusun100%  
3Sosialiasasi Panduan PNBP 2020 dan simlppm18 Februari- 1 Maret 2020Panduan penelitian PNBP 2020 telah disosialisasikan ke semua fakultas selingkung Unesa100%  
4Workshop peyusunan proposal untuk tendik25 Februari 2020Semua tendik fungsional dan kabag/kasubag selingkung Unesa100%  
5Pengumuman jumlah penerima dana penelitian DRPM28 Februari 2020 (jadwal ditentukan DRPM)27 proposal lolos pendanaan DRPM100%  
5Workshop penyusunan proposal mahasiswa15 Maret 2020Mahasiswa selingkung Unesa perwakilan 15 mahasiswa per fakultas0%SE Rektor ttg sisem pembelajaran mhs secara daring, mahaiswa banyak yang pulang sehingga sulit untuk koordinasi dan mhs tidak diijinkan ke kampus 
6Penerimaan Proposal Penelitian PNBP 20205 Maret- 5  Juni 2020Batch 1: 42 proposal Batch 2: 9 proposal Batch 3: 21 proposal Kompetitif: masih proses seleksi100%Relokasi anggaran ke Covid 19, sehingga jumlah proposal yang didanai berkurang, proses seleksi proposal kompetitif mundur karena menunggu kepastian anggaran 
7Penerimaan proposal penelitian mahasiswa 2020April – Mei 2020Jumlah proposal penelitian mahasiswa dana Unesa 20200%Realokasi anggaran ke percepatan penyelesaian covid, sehingga dana penelitian mahasiswa di alokasikan ke penelitian berbasis covid 19 
8Penerimaan Proposal Penelitian Kompetitif Kebijakan Fakultas dan  Penugasan Pasca Sarjana   melalui SIM LPPM4- 29 Mei 2020Jumlah proposal yang diterima sesuai dengan jumlah yang diajukan Fakultas dan pasca100% Baru dilaksanakan pertama kali dimana semua proses pengusulan terpusat di simlppm sehingga beberapa proposal ada yang salah skimPerlu diakukan sosialisasi lebih detil di taip fakultas
9Pengisian kinerja penelitian15 Juni- 30 Juni 2020Pengisian  hasil kinerja penelitian tahun 2019100%Banyak data yang harus dikumpulkan dari prodi dan fakultasPerlu ada sistem yang dapat mengumpulkan data-data terkait kinerja penelitian yang mudah untuk diakses
9Desk Evaluation Proposal kompetitif fakultas dan penugasan pascasarjana melalui SIM LPPM11-16 Juni 2020Semua proposal yang diajukan telah di review secara desk evaluasi oleh reviewer100%  
10Presentasi Proposal Penelitian Secara Daring (Online)17-23 Juni 2020Semua proposal yang diajukan telah di review secara desk evaluasi oleh reviewer100%  
11Desk evaluasi penelitian PNBP 15 Juni -5 Juli 2020Jumlah proposal yang di seleksi pada tahap desk evaluasiJumlah proposal yang masuk desk sebanyak 103 proposal (30% proposal yang ditargetkan)Realokasi anggrana penelitian ke Covid 19 sehingga sebagian skim penelitian tidak dibuka untuk penerimaan proposal karena anggrana tidak ada 
12Pemaparan proposal penelitian PNBP17-18 Juli 2020Jumlah proposal yang lolos desk dan masuk tahap pemaparan100% sesuai jumlah anggaran yang tersediaPelaksanaan mundur dari rencana karena menunggu kepastian ketersediaan anggaranMempercepat proses seleksi dan pengumuman pene13litian yang lolos untuk didanai
13Pengumuman penelitian yang lolos pendanaan PNBP Unesa 202025 Juli 2020Jumlah proposal yang lolos didanai PNBP 2020 skim penelitian kompetitifJumlah proposal yang lolos didanai: Skim GB 18; skim prototype indutri 5; skim PUI 4 dan produk Inovasi 2Jumlah proposal prototype industry yang didanai lebih sedikit dari yang ditargetkan karena belum memenuhi kriteriaDibuka penerimaan proposal penelitian khusus prototype industry (batch 4)
14Tanda tangan kontrak penelitian kompetitif dana PNBP dan DRPM15-22  Agustus 2020Semua peneliti menandatangani kontrak penelitian kompetitif pnBP dan DRPM100%  
15Penerimaan proposal penelitian PNBP skim prototype industri 5-15 September2020Jumlah proposal penelitian pnbp batch 4 yang didanai100%  (5 proposal penelitian yang didanai  
16Workshop penyusunan dan pendampingan proposal penelitian dana DRPM19 September 2020Jumlah peserta yang mengikuti workshop180 peserta yang mengikuti kegiatan worshop dan pendampingan proposalKesibukan dosen-dosen karena sudah mulai perkuliahn dan adanya kegiatan lainMelakukan kegiatan sosisalisasi panduan penelitian XII ke semua dosen selingkung Unesa
17 Seminar hasil penelitian PNBP Batch 1 dan 228 September – 5 Oktober 2020Semua peneliti melakukan seminar hasil100%  
18Monitoring dan evaluasi penelitian kebijakan fakultas dan penugasan Pascasarjana8-12 Oktober 2020Semua peneliti mengikuti monev penelitian100%  
19Monitoring dan evaluasi penelitian penugasan batch 2 dan 38-12 Oktober 2020Semua peneliti mengikuti monev penelitian100%  
20Monitoring dan evaluasi penelitian DRPMDesember (mengikuti jadwal DRPM)Desember 2020100%  
21Monitoring dan evaluasi penelitian kompetitif PNBP 202021-30 Oktober 2020Semua peneliti mengikuti  penelitian100%  
22Upload  Laporan penelitian kebijakan fakultas dan penugasan pascaNovember 2020 100%  
23Seminar hasil penelitian kebijakan fakultas dan penugasan pasca9-14 Nopember 2020Semua peneliti seminar hasil100%Beberapa fakultas pencairan dananya mundur sehingga beberapa peneliti belum selesai melaksanakan penelitianDievaluasi dan dilakukan pengecekan di simlppm untuk mengetahui peneliti yang belum unggah lap akhir atau belum mengikuti seminar hasil
24Upload  draflaporan akhir penelitian PNBP kompetitif16-21 November 2020 100%  
25Seminar hasil skim penelitian kompetitif  PNBP23-27  November 2020 100%  
26Pengumpulan laporan akhir, luaran dan SPJ10-15 Desember 2020 100%  
27Penunggahan laporan akhir penelitian dana DRPM25-30 November 2020 100%  
28Seminar akhir penelitian DRPM10-15 Desember 2020 100%  
29Pengumpulan laporan akhir, luaran penelitian dan SPJ20-25 Desember 2020 100%  

Secara umum, dari 29 program kerja Pusat RPI pada tahun 2020, ada 27 program kerja yang telah berhasil dilaksanakan atau capaian kinerja Pusat RPI tahun 2020 sebesar 93,10%. Kegiatan yang belum dilaksanakan adalah workshop penyusunan proposal penelitian nahasiswa dan penerimaan proposal penelitian mahasiswa karena pandemi Covid-19 dan refocusing anggaran untuk percepatan penanganan Covid-19 sehingga untuk tahun 2020 ini, skema penelitian mahasiswa ditiadakan. Kendala yang dialami adalah pencairan dana penelitian baik dana DRPM maupun dana PNBP yang mundur sehingga jadwal monitoring dan evaluasi (monev) laporan kemajuan penelitian juga mundur dari jadwal yang telah direncanakan. Selebihnya, program kerja berjalan sesuai dengan perencanaan (planning) walaupun harus beralih dari mode luring ke daring (online).

Pusat RPI LPPM Unesa dalam kurun waktu 2020 telah memiliki capaian kinerja yang signifikan. Dosen dan mahasiswa telah berkompetisi baik di tingkat nasional, universitas, fakultas maupun pascasarjana untuk mendapatkan dana penelitian. Saat ini Unesa memiliki tujuh fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Olahraga (FIO), dan Fakultas Ekonomi (FE), serta Program Pascasarjana (PPs). Dengan demikian, kegiatan penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Unesa meliputi berbagai jenis dan bidang penelitian baik yang didanai internal maupun eksternal Unesa. Untuk menjamin kualitas penelitian mulai dari seleksi proposal hingga pelaporan hasil, Pusat RPI LPPM Unesa melibatkan para reviewer internal maupun eksternal. Kini, Unesa sudah memiliki reviewer internal sebanyak 126 orang dan reviewer bersertifikat nasional sebanyak 16 orang.

Adapun sebaran jumlah penelitian yang telah dilakukan di Unesa dalam kurun waktu 5 tahun (2016-2020 disajikan pada tabel 3.2 berikut ini.

Tabel 3.2 Sebaran Jumlah Penelitian yang Telah Dilakukan di Unesa Mulai Tahun 2016-2020

TahunPenelitian Dosen Dana DRPMPenelitian Dosen Dana PNBPPenelitian Tenaga Kependidikan Dana PNBPPenelitian Mahasiswa Dana PNBP
2016137416042
2017105497042
2018100367027
2019705731170
202027399018

Gambar 3.1 Grafik sebaran penelitian di Unesa mulai tahun 2016-2020

Berdasarkan tabel 3.2 dan Gambar 3.1 terlihat bahwa jumlah proposal penelitian dosen Unesa yang didanai oleh DRPM mulai tahun 2016-2020 mengalami penurunan setiap tahunnya. Hal ini disebabkan ada beberapa judul penelitian yang tidak dilanjutkan oleh DRPM karena tidak mencapai luaran/output yang dijanjikan, persyaratan h-index yang semakin tinggi, dan rekam jejak (track record) penelitian yang tidak sesuai, serta adanya kebijakan refocusing anggaran untuk percepatan penanganan Covid-19 di tahun 2020. Namun, untuk penelitian dosen dana PNBP Unesa mulai tahun 2016-2020 mengalami fluktuasi yang sangat signifikan setiap tahunnya, kadang meningkat dan kadang menurun. Hal ini disebabkan oleh kebijakan pimpinan Unesa sesuai skala prioritas kegiatan yang ingin dilakukan. Oleh karena itu, jumlah pendanaan penelitian ini harus terus ditingkatkan ditahun-tahun mendatang untuk mendukung kinerja lembaga terutama untuk mencapau target IKU Unesa.

Sementara itu, untuk pertama kalinya mulai tahun 2019 yang lalu sudah dilaksanakan skema Penelitian Tenaga Kependidikan Fungsional yang tahun sebelumnya belum diselenggarakan. Total judul penelitian tenaga kependidikan fungsional yang didanai tahun 2019 sebanyak 11 judul. Penelitian ini diadakan untuk memberikan kesempatan kepada tenaga kependidikan untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam riset, menyelesaikan masalah/problem di bidang tugasnya, dan untuk kenaikan pangkat. Namun untuk tahun 2020 ini, skema Penelitian Tenaga Kependidikan Fungsional ini dihentikan anggarannya karena adanya kebijakan refocusing anggaran untuk percepatan penanganan Covid-19.

Di samping itu, jumlah penelitian mahasiswa yang didanai juga berfluktuasi setiap tahunnya. Sebenarnya, animo mahasiswa untuk melakukan penelitian sangat tinggi yang ditunjukkan dengan banyaknya proposal yang masuk ke tahap desk evaluation yang mencapai 550 proposal dari 7 fakultas yang ada di Unesa pada tahun 2019 yang lalu. Hal ini menunjukkan jumlah judul penelitian mahasiswa yang didanai sangat kompetitif. Namun untuk tahun 2020 ini, skema Penelitian Mahasiswa ini dihentikan anggarannya di Pusat RPI LPPM Unesa karena adanya kebijakan refocusing anggaran untuk percepatan penanganan Covid-19. Namun, FMIPA Unesa masih menyelenggarakan skema penelitian mahasiswa ini dan menghasilkan 18 judul proposal penelitian mahasiswa yang didanai dengan dana total sebesar Rp. 45 juta. Oleh karena itu, jumlah, kualitas, pendanaan dan luaran/output penelitian mahasiswa harus terus ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang untuk mendukung kinerja lembaga.

Dari hasil penelitian dasar, terapan dan pengembangan pada tahun 2020 di Unesa telah dihasilkan sejumlah produk penelitian. Jumlah produk prototipe industri sebanyak 20 buah, dan jumlah produk inovasi sebanyak 3 buah (Imuno Buster Nanogold-Nanosilver, aplikasi android Volleyball Tactical Information System (VTIS), dan molonog ludrukan garingan) yang telah dihilirisasi/dikomersialkan di masyarakat.

Secara lengkap, produk prototipe industri, dan produk inovasi yang dihasilkan dari penelitian dapat dilihat pada tabel 3.3 berikut ini.

Tabel 3.3 Produk Prototipe Industri, dan Produk Inovasi Unesa Tahun 2020

No.Nama PenelitiTKTNama Produk Prototipe Industri
Penelitian Dana DRPM
1Prof. Dr. Titik Taufikurohmah, M.Si7Kapsul Nanogold-Nanosilver-Ekstrak Kelor (NG-NS-EK)
Penelitian Dana PNBP
2Dr. Lilik Anifah, S.T., M.T.7Alat pengukur suhu tubuh dan denyut jantung pasien positif COVID-29 berbasis IoT yang telah diterapkan di umah sakit pemerintah.
3Mirwa Adiprahara Anggarani, S.Si., M.Si.7Produk Suplemen Antioksidan Berbahan Dasar Bawang Merah Untuk Peningkatan Daya Tahan Tubuh Dalam Upaya Penanggulangan Wabah Covid-19
4Puput Wanarti Rusimamto, S.T., M.T.7Alat thermogun yang dapat diterapkan oleh masyarakat untuk deteksi dini Covid-19
5Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes.7Penerapan Aplikasi Interactive Sport Board untuk anak disabilitas
6Dr. Asri Wijiastuti, M.Pd.7Penarapan Produk Antiseptic Minyak Esensial Cymbogoton Citarus (Serai) Aman bagi Anak Berkebutuhan Khusus Sebagai Upaya Penekanan Penyebaran Virus Covid-19
7dr. Ananda Perwira Bakti, M.Kes.7Produk Nutridrink Berbasis Tanaman Toga yang diterapkan oleh masyarakat untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Melawan COVID-19
8Agung Prijo Budijono, S.T., M.T.7Robot Pengantar Makanan (Robot KECE Gen 1 dan Gen 2) yang telah diterapkan dan digunakan di rumah sakit pemerintah untuk membantu nakes dalam merawat pasien Covid-19
9Dian Arlupi Utami, S.Sos., M.AP.7Produk herbal berbasis tanaman TOGA dari hasil pemberdayaan masayarakat untuk menggairahkan ekonomi masyarakat
10Dr. Sri Handajani, S.Pd., M.Kes.7Produk Olahan Frozen Food Berbasis Ikan dan Daun Kelor yang bisa dikonsumsi masyarakat
11Muhamad Syariffuddien Zuhrie, S.Pd., M.T.7Produk CoD (Covid-19 Drone) untuk Penyemprot Disinfektan dalam Rangka Mencegah Penyebaran Virus Corona
12Prof. Dr. Leny Yuanita, M.Kes.7Produk minuman Sirup Yacon (Smallanthus sonchifolia) untuk meningkatkna imun di tengah pandemi Covid-19
13Ir. Asrul Bahar, M.Pd.7Produk olahan pangan berbasis herbal yang telah bermitra dengan DU/DI.
14Drs. Supardiyono, M.Si.7Produk Ruang Sterilisasi Alat Pelindung Diri (APD) Tenaga Medis berbasis Internet of Things (IoT)
15Sri Dwiyanti, S.Pd., M.PSDM.7Produk Sabun Antiseptik Umbi Teki (Cypirus Rotundus L) Sebagai Produk Unggulan Unesa
16Dr. Rita Ismawati, S.Pd., M.Kes.7Produk Biskuit Daun Kelor (Moringa Crackers) Kaya Nutrisi Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Dalam Mencegah Covid-19
17Dr. I Gusti Putu Asto Buditjahjanto, S.T., M.T.7Produk Electric Conversion Kit Wheelchair Untuk Membantu Penyandang Disabilitas Berbasis Adjustable Steering
18Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd.7Produk Sepeda Lipat Listrik Proporsional Energi Sesuai Kebutuhan Pengendara
19Dr. Irmantara Subagio, M.Kes.7Produk Instrumen Tes Timer Gate Menggunakan Sensor Cahaya Infra Red Untuk Mengukur Kecepatan dan Daya Tahan Aerobik
20Sjafiatul Mardliyah, S.Sos., M.A.7Produk website SIKUMBANG yang diterapkan oleh masyarakat sekolah (Labschool Unesa)
No.Nama PenelitiTKTNama Produk Inovasi
Penelitian Dana DRPM
1Titik Taufikurohmah9Imuno Buster Nanogold-Nanosilver
Penelitian Dana PNBP
2Biyan Yesi Wilujeng9Aplikasi Android Volleyball Tactical Information System (VTIS
3Welly Suryandoko9Monolog Ludrukan Garingan

Jika dibandingkan dengan target Indikator Kinerja Utama (IKU) atau Key Performance Indikator (KPI), capaian kinerja Pusat RPI pada tahun 2020 belum memenuhi target yang telah ditetapkan oleh Kemenristekdikti. Jumlah produk prototipe industri sebanyak 20 buah (target 26 buah) atau capaian kinerja sebesar 76,92%, dan jumlah produk inovasi sebanyak 3 buah (target 3 buah) atau capaian kinerja sebesar 100%. Jika dirata-rata dari kedua aspek produk inovasi tersebut, maka capaian kinerja Pusat RPI pada tahun 2020 sebesar 88,46%.

Sementara itu, berdasarkan hasil penilaian Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi periode tahun 2016-2018 dan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Nomor B/5678/EI.2/H.M.00.03/2019 tanggal 13 November 2019 tentang Klaster atau pengelompokkan Perguruan Tinggi berbasis penelitian periode tahun 2016-2018, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) masuk klaster “Mandiri” yang sebelumnya masih masuk dalam klaster “Utama”. Unesa menduduki peringkat/urutan no. 38 dari 47 perguruan tinggi yang masuk klaster “Mandiri”. Prestasi ini harus terus ditingkatkan di tahun-tahun mendatang dengan cara meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian, pendanaan penelitian serta luaran/output penelitian.

  • Realisasi Anggaran

Realisasi anggaran untuk 29 program kerja Pusat RPI tahun 2020 secara lengkap dapat dilihat pada tabel 3.4 berikut ini.

Tabel 3.4 Realisasi Anggaran Program Kerja Pusat RPI Tahun 2020

NoKegiatanTanggal Rencana Pelaksanaan KegiatanTanggal Pelaksanaan KegiatanAnggaran yang Direncanakan (Rp)Realisasi Anggaran (Rp)
1Workshop penyusunan proposal penelitian mahasiswa Unesa20  Maret 202014.250.00014.250.000 (dana di refocusing untuk penanganan Covid-19  sesuai kebijakan pimpinan)
2Penyegaran reviewer dan rekrutmen reviewer internal Unesa13  Nopember 201913 Nopember 201935.050.00035.050.000
3Workshop penyusunan proposal penelitian bagi dosen selingkung Unesa13 Nopember 201913 Nopember 201949.904.00049.904.000
4Penyusunan buku panduan penelitian dana PNBP Unesa tahun 2020 5 Januari-  5 Februari 2020 5 Januari – 5 Febrauari 202000
5Sosialisasi buku panduan penelitian dana PNBP Unesa tahun 20208-28 ebruari 20208-28 Februari 202014.070.00014.070.000
6Penerimaan proposal penelitian mahasiswa11-22 Maret 2020210.000.000210.000.000 (dana di refocusing untuk percepatan penanganan Covid-19  sesuai kebijakan pimpinan)
7Penerimaan proposal penelitian penugasan dana PNBP tahun 202015 April –  4  Juli  202015 April –  4  Juli  20202.245.000.0005.092.765.000 (terdapat tambahan dana dari refocusing untuk Covid-19, sesuai kebijakan pimpinan)
8Penerimaan proposal penelitian kompetitif dana PNBP tahun 202012-16 April 202012-16  Juli  20205.547.500.0001.445.000.000 (sebagian dana dilakukan refocusing untuk percepatan penangana Covid-19, sesuai arahan pimpinan)
Total Anggaran8.115.774.0006.861.039.000
Keterserapan Anggaran84,54%

Secara umum, realisasi anggaran Pusat RPI pada tahun 2020 sebesar Rp. 6.861.039.000,- dari Rp 8.115.774.000,- yang direncanakan atau dapat dikatakan keterserapan anggaran Pusat RPI pada tahun 2020 sebesar 84,54%. Namun sisa anggaran sebesar Rp. 1.254.735.000,- digunakan untuk percepatan penanganan Covid-19 sesuai kebijakan pimpinan sehingga persentase realisasi anggaran Pusat RPI pada tahun 2020 sebesar 100%.

BAB IV

PENUTUP

  1. Simpulan

Secara umum, capaian kinerja Pusat RPI LPPM Unesa tahun 2020 dikategorikan baik. Hal ini ditunjukkan dengan semakin meningkatnya jumlah proposal penelitian yang diajukan baik pendanaan DRPM maupun dana PNBP Unesa tahun 2020 walaupun kondisi sedang pandemi Covid-19 dengan keterbatasan anggaran. Capaian kinerja Pusat RPI LPPM Unesa tahun 2020 sebagai berikut:

  1. Jumlah penelitian dosen yang didanai oleh DRPM baik skema sentralisasi maupun desentralisasi tahun 2020 sejumlah 27 judul penelitian, turun dari tahun 2019 yang lalu yang mencapai 70 judul penelitian disebabkan karena ada beberapa judul penelitian yang tidak dilanjutkan oleh DRPM karena tidak mencapai luaran/output yang dijanjikan, persyaratan h-index yang semakin tinggi, dan rekam jejak (track record) penelitian yang tidak sesuai, serta adanya kebijakan refocusing anggaran untuk percepatan penanganan Covid-19 di tahun 2020 ini.
  2. Jumlah penelitian dosen yang didanai oleh PNBP Unesa tahun 2020 sejumlah 399 judul penelitian, turun dari tahun 2019 yang lalu yang mencapai 573 judul penelitian disebabkan karena adanya kebijakan refocusing anggaran untuk percepatan penanganan Covid-19 di tahun 2020 ini.
  3. 3.      Tidak ada skema Penelitian Tenaga Kependidikan Fungsional pada tahun 2020 ini. Hal ini disebabkan karena adanya kebijakan refocusing anggaran untuk percepatan penanganan Covid-19 di tahun 2020 ini. Padahal tahun 2019 kemarin, ada 11 judul Penelitian Tenaga Kependidkan Fungsional yang didanai oleh dana PNBP Unesa.
  4. adanya kebijakan refocusing anggaran untuk percepatan penanganan Covid-19 di tahun 2020 ini.
  5. Jumlah produk prototipe industri sebanyak 20 buah, dan jumlah produk inovasi sebanyak 3 buah (Imuno Buster Nanogold-Nanosilver, aplikasi android Volleyball Tactical Information System (VTIS), dan molonog ludrukan garingan) yang siap dihilirisasi/dikomersialkan di masyarakat.

Untuk manajemen/pengelolaan penelitian di LPPM Unesa, sejak bulan Mei tahun 2019 telah diterapkan Sistem Informasi Manajemen LPPM (SIM LPPM) untuk proses pengusulan proposal penelitian, desk evaluasi proposal, presentasi proposal penelitian, monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan penelitian, seminar hasil penelitian dan record luaran penelitian. Hal ini sangat membantu dalam manajemen penelitian di LPPM Unesa.

Selain itu, sejak bulan Mei tahun 2019 juga telah dikembangkan Sistem Informasi Riset dan PKM (SIRIP) yang merupakan database penelitian dan PKM dosen Universitas Negeri Surabaya. Database penelitian dan PKM yang berdomain di www.sirip.esy.es ini dapat digunakan sebagai profil penelitian dan PKM dan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk kebijakan penelitian dan PKM yang ada di Unesa.

  • Saran

Dari capaian kinerja Pusat RPI tahun 2020, maka dapat diberikan saran sebagai berikut:

  1. Diperlukan pelatihan/workshop penulisan proposal kompetitif nasional bagi dosen Unesa sehingga perolehan penelitian dana DRPM tahun 2022 dapat meningkat baik dari sisi kuantitas, kualitas dan besaran dana penelitian.
  2. SIM LPPM harus terus dikembangkan fitur-fitur layanannya sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan penelitian di Unesa.
  3. Sistem Informasi Riset dan PKM (SIRIP) harus terus dikembangkan fitur-fitur layanannya dan segera dibuatkan versi mobile application di android sehingga dapat diakses di smartphone sebagai informasi database riset dan PKM di Unesa.
  4. Jumlah proposal penelitian dan dana PNBP Unesa tahun 2021 harus ditingkatkan besaran dananya untuk mencapai target Indikator Kinerja Utama (IKU) atau Key Performance Indicator
Start chat
1
Selamat datang, ada yang bisa kami bantu?