Pusat Seni dan Budaya

Pusat Studi Seni Budaya (PSiSB) &
Sembadra, Journal of Arts and Education Studies
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Universitas Negeri Surabaya

Alamat :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Surabaya
Gedung Rektorat, Lantai 6,
Kampus Lidah Wetan,
Jl. Lidah Wetan, Lakarsantri, Surabaya, Jawa Timur, Kode Pos 60213
Telepon: (031) 8296260, Fax: (031) 7532112
Email : senibudaya@unesa.ac.id
http://senibudaya.unesa.ac.id/

https://journal.unesa.ac.id/index.php/Sembadra/index
Email : sembadra@unesa.ac.id
Register : https://journal.unesa.ac.id/index.php/Sembadra/user/register

Pusat-Studi Seni Budaya Unesa (PSiSB) merupakan salah satu pusat yang baru dibentuk di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Negeri Surabaya. Pusat-Studi itu disyahkan pada awal Maret 2019. Keberadaannya untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya agar sivitas akademika Unesa khususnya dan bangsa Indonesia umumnya memiliki karakter sebagai jati diri bangsa. Pelestarian dan pengembangan itu dilakukan melalui studi dan penyajian seni budaya.
Studi Seni budaya merupakan cakupan istilah yang bermakna sebagai studi seni yaitu seni yang dikaji tidak hanya dari disiplin seni tetapi juga dari disiplin budaya. Disiplin seni melibatkan kajian dan penyajian yang berhubungan dengan pertunjukan atau pameran sebuah karya bentuk dan isi seni, sedangkan disiplin budaya menempatkan seni sebagai produk budaya di tengah masyarakat. Sebagai sebuah pertunjukan atau sebuah pameran, seni memiliki kedudukan sebagai sebuah karya yang merupakan sebuah wujud ekspresi yang indah, kreatif, dan memiliki bermakna. Kajian itu tidak lepas pula melibatkan berbagai disiplin ilmu seperti estetika, semiotika, sejarah dan lain-lain sesuai dengan produk seni yang diciptakan. Studi seni budaya menempatkan kedudukan seni di masyarakat sebagai kebudayaan. Seni memiliki fungsi dalam kehidupan manusia. Seni dapat dikaji dari berbagai ilmu baik sosiologi, politik, psikologi, antropologi, ekonomi, kesehatan, dan lain-lain sesuai dengan cara pandang atau disiplin masing-masing.

Visi PSiSB
“Menjadi Pusat yang Unggul dan Kukuh dalam Studi Seni Budaya.” Visi ini menegaskan bahwa PSiSB akan menjalankan tugas dari LPPM dan menjunjung martabat Universitas Negeri Surabaya dengan menjadikan PSiSB sebagai pusat studi yang memiliki kelebihan dalam mutu akademik, wibawa dan martabat akademik pada tataran nasional dan internasional di bidang studi keilmuan seni budaya. PSiSB diharapkan mampu menjadi tempat rujukan bagi pengembangan studi seni budaya.
PSiSB tidak terpisahkan dari dunia pendidikan serta menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang diperolehnya di perkuliahan. PSiSB juga meliputi upaya mengembangkan potensi kemanusiaan yang mencakup kecerdasan intelektual, emosi, bahasa, estetika, sosial, spiritual, dengan daya adaptasi terhadap perkembangan arus teknologi dan informasi melalui karya seni.
PSiSB melakukan kegiatan studi pengembangan, penelitian, dan PKM secara terprogram untuk mengembangkan seni budaya. Melalui kegiatan studi itu tim PSiSB akan mendapatkan banyak informasi penting dan akurat yang berguna untuk pengembangan seni budaya dan menjadi dasar untuk membuat program yang strategis. Hasilnya dapat dijadikan dasar pengambilan kebijakan program selanjutnya.

Misi PSiSB
(1) Menyelenggarakan penelitian dan kajian seni budaya, teknologi seni dan pendidikanya untuk memajukan kebudayaan Indonesia;

(2) Menyelenggarakan pementasan atau pameran karya-karya seni untuk meningkatkan kualitas karya seni bangsa Indonesia;

(3) Menyelenggarakan kegiatan pertemuan-pertemuan dan publikasi ilmiah dalam bidang seni budaya, pendidikan seni budaya, dan teknologinya;

(4) Menyelenggarakan kegiatan lomba, festival, pekan seni budaya, pendidikan seni budaya, dan teknologinya untuk mahasiswa;

(5) Mengadakan kerjasama dengan pusat studi-pusat studi seni, budaya, dan pendidikan seni dari lembaga atau instansi lain yang terkait untuk memajukan kebudayaan bangsa.

(6) Menginisiasi terbentuknya museum etnografi sebagai wahana pelestarian seni budaya;

(7) Menginisiasiasi terbentuknya pasar seni berupa gallery, ruang pamer dan pertunjukan baik online maupun offline;

(8) Menginisasi terbentuknya sertifikasi dalam seni;

(9) Menginiasi terbentuknya perpustakaan seni; dan

(10) Melakukan inkubasi produk-produk seni sebagai komoditas budaya tradisonal maupun popular

Strategi Pusat Studi Seni Budaya
Untuk mewujudkan misi Pusat Studi Seni Budaya, disusun strategi sebagai berikut.
a) Penciptaan seniman kelas nasional dan internasional yang kreatif
b) Penciptaan karya seni baru nasional dan internasional yang berkualitas, dan ber HAKI
c) Sebagai pusat rujukan seniman, pemerhati seni nasional dan internasional
d) Menciptakan gagasan Pendidikan (kurikulum, metode, dll) bidang bidang seni yang inovatif.
e) Melakukan penelitian dan penciptaan basis ilmiah dalam rangka membangun dan merumuskan strategi, kebijakan dan struktur serta manajemen berkaitan dengan seni budaya dan pendidikan.
f) Melakukan penelitian dasar berkenaan dengan pembangunan isu-isu mengenai seni, sejarah, budaya, kearifan lokal, dan pariwisata di Jawa Timur pada khususnya, Indonesia pada umumnya.
g) Melakukan penelitian bersama berkaitan dengan seni, sejarah, budaya, kearifan lokal, dan pariwisata di negara tetangga yang masih memiliki relevansi dengan Indonesia.
h) Berpartisipasi dalam pencapaian dan pengalaman dalam pengembangan yang berkaitan dengan seni, sejarah, budaya, kearifan lokal, dan pariwisata di negara tetangga yang masih memiliki relevansi dengan Indonesia.
i) Pembuatan audio dan film Antropologis untuk melayani penelitian, pengajaran dan pasar di Indonesia
j) Bergerak untuk mengumpulkan, meneliti dan melindungi warisan budaya non benda (intangible cultural heritage).
k) Membangun, mengelola dan mengembangkan bank data berkenaan dengan warisan budaya non benda (intangible cultural heritage).
l) Melakukan penelitian dan pengembangan industri seni budaya dalam bentuk penciptaan laboratorium bisnis bidang seni budaya.
m) Melakukan berbagai kegiatan ilmiah yang diwujudkan dalam bentuk konferensi, seminar, publikasi jurnal berkala “Sembadra: Journal of Arts and Education” dan buku mengenai seni dan budaya.
n) Merancang dan membuat situs web yang akan mengelola, memasok informasi dari berbagai sumber-sumber ilmiah.
o) Melakukan layanan penelitian dan pelatihan ilmiah untuk lulusan sarjana seni, budaya dan umum.
p) Melakukan inspeksi kualifikasi pelatihan seni budaya pada praktisi administrasi
q) Melakukan inspeksi kualifikasi pelatihan seni budaya pada pembisnis turisme lokal yang memiliki spesialisasi pada, etnologi, antropologi, dan cultural studies.
r) Melakukan sertifikasi bidang seni budaya.
s) Membuat standard mutu dalam wilayah manajemen produksi dan artistik
t) Mewujudkan perpustakaan digital seni budaya
u) Mewujudkan pasar seni on-line dan virtual
v) Mewujudkan gallery (ruang pamer) yang representatif
w) Mewujudkan wilayah binaan seni tingkat kecamatan maupun desa untuk penelitian dan pengembangan seni
x) Memperluas jangkauan kerjasama dengan berbagai stake holder (pusat studi, pemda, universitas dan kelompok-kelompok seni setempat)
y) Melakukan sinergi dengan kelompok seni untuk melakukan “public re-education” dan merancang event tahunan
z) Merancang cetak biru “art public space – ruang pentas-food-produk seni”
aa) Mewujudkan museum “etnografi seni”
bb) Meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni dan budaya melalui peningkatan jumlah penonton, tulisan di media masa, jurnal baik lokal dan internasional.
cc) Meningkatkan literasi publik terhadap seni budaya melalui publikasi dan pengajaran yang baik dan berkualitas
dd) Mewujudkan pengembangan seni dalam kerangka prinsip pembangunan ekonomi yang berkelanjutan

STRUKTUR ORGANISASI PSiSB

Start chat
1
Selamat datang, ada yang bisa kami bantu?