WORKSHOP PERSIAPAN JURNAL UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA MENUJU TERAKREDITASI NASIONAL DAN BEREPUTASI INTERNASIONAL

Pusat Haki Paten dan Publikasi LPPM Unesa melaksanakan “Workshop Persiapan Jurnal Universitas Negeri Surabaya Menuju Terakreditasi Nasional Dan Bereputasi Internasional” pada tanggal 16-18 Maret 2017. Kegiatan tersebut dilaksanakan dua sesi. Sesi pertama pada tanggal 16 Maret 2017 dilaksanakan di Auditorium LPPM Unesa dengan pemateri dari Tim Pengembang Jurnal Unesa berbasis Open Journal System (OJS) Unesa, tentang prosedur pendaftaran e-ISSN dan pengenalan sistem jurnal yang berbasis OJS.

Pembukaan workshop sesi I di LPPM oleh Wakil Rektor Bidang Akademik (tengah),Kepala LPPM (kanan), dan Kapus HAKI, Paten dan Publikasi (kiri)

Pembukaan workshop sesi I 16 Maret 2017 di LPPM oleh Wakil Rektor Bidang Akademik (tengah),Kepala LPPM (kanan), dan Kapus HAKI, Paten dan Publikasi (kiri)

Kegiatan workshop sesi I di Auditorium LPPM Unesa

Kegiatan workshop sesi I 16 Maret 2017 di Auditorium LPPM Unesa

Sesi kedua pada tanggal 17-18 Maret 2017 dilaksanakan di Hotel Ibis Style Surabaya, dengan pemateri Dr. Lukman, ST., M. Hum (PDII LIPI), Deden S. Hidayat,M. Kom(LIPI) dan Tinton Dwi Atmaja, M.T.(LIPI). Materi pada sesi dua adalah sebagai berikut:

  • Kebijakan Ristekdikti terkait akreditasi Jurnal Nasional dan Internasional Bereputasi.
  • Proses bisnis system OJS.
  • Mengatur tampilan OJS agar user friendly.
  • Manajemen Jurnal.
  • Strategi indeksasi.
  • IOS dan DOI Jurnal.
  • Pendaftaran Arjuna dan pengisian borang pada sistem Arjuna
Workshop sesi II pada tanggal 17-18 Maret 2017 di Ibis Style. Kepala LPPM,Wakil Rektor Bidang Akademik, Narasumber, Kapus Haki,Paten dan Publikasi

Workshop sesi II pada tanggal 17-18 Maret 2017 di Ibis Style Surabaya. Kepala LPPM,Wakil Rektor Bidang Akademik, Narasumber, Kapus dan Sekpus Haki, Paten dan Publikasi

Kegiatan tersebut diikuti oleh para pengelola jurnal ilmiah di Lingkungan Universitas Negeri Surabaya yang berpotensi terakreditasi nasional atau  bereputasi internasional dan telah sistem pengelolaannya telah berbasis OJS. Jumlah  peserta sebesar 80 orang  yang terdiri dari 40 jurnal yang terasal dari semua fakultas di Unesa dan Pasca, yaitu 12 tim jurnal dari FMIPA, 3 tim jurnal dari FT, 7 tim jurnal dari FISH, 4 tim jurnal dari FE, 2 tim jurnal dari FBS, 1 tim jurnal dari FIK, 10 tim jurnal dari FIP, dan 1 tim jurnal dari Pasca. Setiap jurnal diwakili oleh Editor in Chief dan satu admin OJS. Dalam kegiatan tersebut, para peserta didampingi Tim Pengembang Jurnal Unesa.

Kegiatan workshop sesi II tanggal 17-18 Maret 2017 di Ibis Style

Kegiatan workshop sesi II tanggal 17-18 Maret 2017 di Ibis Style Surabaya

Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan penyegaran kembali semangat pengelola jurnal di selingkung Unesa, untuk bisa meningkatkan mutu jurnal ilmiah di lingkungan Unesa sehingga Unesa kembali memiliki jurnal ilmiah yang terakreditasi nasional. Pada kegiatan tersebut, peserta telah mengenal sistem pengelolaan jurnal berbasis OJS, mendaftarkan jurnal yang dikelola di Arjuna, mengisi borang evaluasi diri jurnal di Arjuna untuk simulasi, mendaftar DOI, pendaftaran e-ISSN. Pada akhir kegiatan, dilakukan evaluasi berdasarkan isian borang di Arjuna untuk memetakan jurnal-jurnal mana yang berpotensi diajukan proses akreditasi nasional dalam waktu dekat.

 

About The Author

Related posts



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *