1.
|
Riset :
Di bawah bimbingan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (untuk penelitian dasar) dan direktorat inovasi, pemeringkatan, dan publikasi ilmiah, penelitian dilakukan oleh dosen penelitian dan/atau mahasiswa, serta tenaga kependidikan dari Departemen/Fakultas (untuk mengembangkan penemuan menuju inovasi). Pengamatan dan eksperimen sering mengarah pada penemuan, ide, dan penemuan selama penelitian. Mungkin sulit untuk memutuskan apakah aspek dari upaya penelitian yang kompleks merupakan inovasi; oleh karena itu, penting untuk menyimpan catatan laboratorium yang tepat dari kegiatan penelitian Anda. Ingat bahwa hak paten dapat hilang dengan publikasi atau presentasi; oleh karena itu, sebelum membahas atau menerbitkan hasil penelitian, penting untuk bertanya kepada direktorat apakah dokumen atau pengungkapan tersebut mengandung perbaikan yang dapat dipatenkan.
|
2.
|
Pengungkapan Inovasi :
Pengungkapan inovasi adalah dokumen rahasia yang memberikan informasi fundamental mengenai inovasi kepada direktorat. Setelah pengungkapan diterima, proses dimulai. Sebelum ada pengungkapan dari luar civitas Universitas, harus disampaikan pengungkapan inovasi. Prospek Bisnis, Judul Penemuan, Tim Penemu, Indikator Produk (Kebaruan, Orisinalitas, Nilai Pakai, Penerimaan Masyarakat, Keunggulan, Kesiapan Teknologi), Indikator Produk (Kebaruan, Orisinalitas, Nilai Pakai, Penerimaan Masyarakat, Keunggulan), dan Indikator Produk (Kebaruan ( Diversifikasi, Aplikasi dan proses teknologi, ketersediaan bahan baku, luas pasar, potensi investasi, potensi kemitraan, regulasi dan perizinan)
|
3.
|
Kelayakan Komersial :
Direktorat akan melakukan evaluasi untuk menentukan apakah perlindungan kekayaan intelektual diperlukan untuk memasarkan inovasi tersebut. Ini termasuk evaluasi pengungkapan inovasi dan pasar, teknologi kompetitif, dan penelitian seni sebelumnya. Inovasi yang akan dikomersialkan oleh UNESA dievaluasi kelayakan komersialnya, yang meliputi penilaian kelayakan finansial dan non finansial. Sebagai dasar untuk menentukan sumber keuangan yang dibutuhkan dan menguntungkan, diperlukan studi kelayakan keuangan. Penilaian kelayakan non-finansial untuk menentukan ukuran pasar yang dapat diakses dan potensi pasarnya, serta apakah bisnis tersebut kompetitif dan berkelanjutan.
|
4.
|
Perlindungan Paten :
Berdasarkan evaluasi tersebut, direktorat akan memutuskan dapat atau tidak mengajukan perlindungan paten. Perlindungan Kekayaan Intelektual (IP) melibatkan pendaftaran, pemantauan proses aplikasi, dan pemeliharaan IP. Menurut Kebijakan Kekayaan Intelektual Manual Administratif Universitas, Universitas dapat menggunakan hak cipta atau hak merek dagang untuk memasarkan inovasi Universitas atau karya kepengarangan jika sesuai.
|
5.
|
Hilirisasi dan inkubasi bisnis :
Produk akan melalui proses hilirisasi pada tahap ini, bersama dengan inkubasi bisnis dan subdirektorat hilirisasi hasil inovasi. Pada tahap ini, kecocokan produk ditentukan, bantuan penyusunan manajemen mutu diberikan, dan bantuan pengajuan sertifikasi dan branding produk diberikan. Ini akan membantu pelatihan lokakarya kewirausahaan (Pemasaran, operasi, keuangan), pengembangan teknologi, dan pengembangan sumber daya dalam hal inkubasi bisnis.
|
6.
|
Penilaian komersialisasi : Spinout atau kemitraan
Teknologi Unesa yang terikat komersialisasi dievaluasi untuk kelayakan bisnis, termasuk studi kelayakan finansial dan non-finansial. Sebagai dasar untuk menentukan sumber keuangan yang dibutuhkan dan menguntungkan, diperlukan studi kelayakan keuangan. Penilaian kelayakan non finansial untuk menentukan besarnya pasar yang dapat diakses dan potensi pasar yang dapat dimanfaatkan, serta apakah bisnis tersebut kompetitif dan berkelanjutan. Bersamaan dengan penelitian kelayakan perusahaan inovasi, upaya promosi dapat dilakukan. Bentuk kegiatan promosi berupa aplikasi android, buku, website, dan media sosial lainnya, pameran, forum temu bisnis, dan innovation bridging (promosi langsung kepada industri atau pengguna teknologi sesuai klaster teknologi) akan diintegrasikan ke dalam Science Techno Taman (STP). Secara berkala, promosi dilakukan dengan tujuan dan mitra yang terukur untuk meningkatkan kemungkinan bahwa penemuan akan berhasil dikomersialkan. Untuk mengetahui kemungkinan keberhasilan suatu inovasi, upaya promosi inovasi akan terus dinilai. Direktorat akan memeriksa potensi pasar dunia dari inovasi Anda dan peluang regional hingga internasional dengan para pemimpin industri, pengusaha, dan investor. Bergantung pada idenya, direktorat akan membantu penemu dalam menentukan rencana langkah demi langkah. 5
a.
|
Mendirikan bisnis spin-off: Beberapa teknologi dan inovasi mungkin paling cocok untuk perusahaan spin-off — sebuah perusahaan baru yang didirikan khusus untuk mengembangkan teknologi yang dikembangkan universitas. Spin-off mungkin memerlukan partisipasi langsung dari peneliti asli.
|
b.
|
Temukan pemegang lisensi untuk inovasi tersebut Beberapa ide dan teknologi mungkin paling cocok untuk pengaturan lisensi dengan perusahaan mapan. Enterprise & Innovation akan melakukan riset pasar, menyusun daftar kontak pasar, dan berkolaborasi dengan peneliti untuk mengidentifikasi kemungkinan pemegang lisensi..
|
|
7.
|
Perizinan, Start up dan Joint venture :
Satu atau lebih mitra potensial dapat melakukan analisis mendalam tentang teknologi dan peluang pasar sebagai hasil dari upaya pemasaran. Jika prospek ingin melisensikan teknologi, mereka akan mengusulkan strategi komersialisasi dan menegosiasikan persyaratan komersial dengan direktorat. Kantor kemudian menyusun perjanjian hukum, bernegosiasi, dan akhirnya mengeksekusi lisensi. Inovasi yang menggunakan mekanisme perizinan memiliki nilai Tingkat Kesiapan Teknologi atau TKT 7 dan/atau Tingkat Kesiapan Inovasi 4 Jika diperlukan dapat dilakukan pralisensi dengan kesepakatan untuk menunjukkan kelayakan komersial teknologi tersebut sehingga bisnis masyarakat tidak khawatir dengan kinerjanya. Sehubungan dengan penelitian kelayakan perusahaan inovasi, upaya promosi dapat dilakukan. Inisiatif promosi antara lain penerbitan dalam bentuk aplikasi android, buku, website, dan media sosial lainnya, pameran, forum bisnis ternu, dan bridging innovations (promosi langsung ke industri atau pengguna teknologi sesuai klaster teknologi). Secara berkala, promosi dilakukan dengan tujuan dan mitra yang terukur untuk meningkatkan kemungkinan bahwa penemuan akan berhasil dikomersialkan. Evaluasi upaya promosi inovasi akan terus dilakukan untuk menilai kemungkinan keberhasilan komersialisasi. Sebagai konsekuensi dari tinjauan promosi satu inovasi, inovasi dengan paten yang diberikan dalam waktu lima tahun dianggap tidak memiliki potensi bisnis, dan proses promosi dan pemeliharaan paten dihentikan. Jika pemeliharaan paten akan dilanjutkan, itu adalah tanggung jawab penemu.
|